Let's Go to Camping Ground Mawar

Nurfitriah : "Beb pokoknya kita harus camping bareng!"

Ide itu muncul waktu kita lagi ngegalau di jalan pahlawan, eh enggak dink lebih tepatnya aku yang galau fitri yang dengerin curcolku semalam suntuk, waktu itu bulan desember pertengahan dan kepikiran tentang rencana tahun baru dimana kita berdua bener-bener suwung di kota ini.  Bulan desember tahun ini emang bulan paling sialan sepanjang sejarah, tiap tetes hujan yang turun bikin nangis entah kenapa, tiap angin dingin yang datang bikin pengen misuh (*mengutuk). Sudaah sudaah itu cerita pedih sekali, pokoknya kita berencana mencari penghiburan dan suasana baru di gunung. Terus dapet lah tawaran muncak ke gunung sumbing dari seorang temen, awalnya kita seneng, seru juga kalo muncak di gunung yang lebih tinggi tapi mikir-mikir lagi karena cuaca sangat buruk dan jaraknya jauh akhirnya kembali ke keputusan awal buat muncak cantik aja di mawar, yang ga perlu nguras terlalu banyak energi dan waktu.

Tadinya kita mau berangkat sehari sebelum pesta kembang api, tapi mikir lagi karena bakalan rame di daerah bandungan gak kebayang macetnya kayak apa, dan kebetulan hari itu mendung gelap banget, plus kakiku lagi sakit.  Reschedule lagi sampe tanggal 2 januari baru berangkat, kita berangkat dari rumah sekitar jam 2 siang, liat story temen yang lagi di pondok kopi kehujanan kita urungkan niat camping ke mawar, dari jauh udah keliatan juga mendung tebal di gunung ungaran, lalu mencoba mencari camping ground lain ke daerah yang keliatannya terang, tepatnya di camping ground gonoharjo boja. Udah sampe disana, sepi banget tempatnya, kita tanya-tanya sama petugas katanya ga ada yang lagi camping disana, sepi banget cuman kita, nanti gak ada petugas jaganya dan katanya ga ada warung yang buka juga, duh ngeri, takutnya kita diterkam hewan atau diculik wewe hahaha secara cuman berdua dan cewek semua, serem banget. Akhirnya baik lagi deh ke ungaran, melalui jalan antah berantah naik turun berkelok gak jelas membelah hutan sampailah kita di jalan utama dan nyari yang arah ungaran, ini pengalaman pertama mengambil peran sebagai lead dalam perjalanan yang artinya kalau sampe tersesat di tengah hutan gak jelas itu bakalan jadi salahku dan kita bakalan survival di hutan bikin bivak dan menggali ketela pohon liar, nyari udang di kali, kayak di law of the jungle, ngeriiihhh... lebay lebih tepatnya. Selama perjalanan turun dari gonoharjo kita foto-foto gajee, girang ga karuan liat bunga-bunga kuning yang cantik.

Waktu perjalanan ke mawar, dari jauh kelihatan awan mendung tebal udah pergi dari gunung ungaran, dengan riang kami menuju tempat camping, sampai disana kami membayar tiket masuk ke area umbul sebesar 2k rupiah, lalu naik menuju tempat perkemahan bayar tiket masuk lagi sebesar 13k rupiah, yaitu 5k untuk masing-masing orang dan biaya 3k untuk parkir. Setelah itu kita mendirikan tenda dan berdoa semoga malam ini aman tanpa hujan meskipun awan gelap beberapa masih menggantung, rencana kita kalau malem hujan bakal berteduh di warung atau di mushola, dan sengaja kita mencari tempat mendirikan tenda yang strategis yaitu di deket warung, hahaha camping macem apalah ini, namanya juga camping cantik jadi ya gausah rempong-rempong, maklum kami ini pecinta alam gadungan yang masih belum bisa survive tanpa warung. Lol, Dan yang penting lagi, kita nyari tempat yang viewnya bagus, jadi kalau malem kita bisa lihat pemandangan kerlap kerlip lampu kota. Fix lah kita mendirikan tenda di dekat semacam icon untuk foto-foto berbentuk love terbuat dari botol yang kalau malem ada lampunya merah itu.

Si fitri yang ikut komunitas JPL (jejak pengamat langit), sebelum camping dapet info tuh kalau tanggal 2 januari bakalan ada supermoon, makin bersemangatlah dia berharap kita bisa lihat supermoon di gunung tapi aku agak gak yakin sih melihat cuaca yang mendung.

Hari mulai malam dan Alhamdulillah kita gak kehujanan, subhanallah banget doa kami terkabul ya, soalnya tenda kami agak mengkhawatirkan kalau sampe turun hujan bisa habis basah kuyup. Malam kita di tempat camping sangat syahdu, kita beli makan di warung, mie instan rebus dan mie instan goreng dengan telur, minum capucino hangat dan ditemani alunan lagu dari mas-mas warung yang sedang gitaran dan mbak-mbak penjaga warung yang ternyata suaranya merdu, berasa di cafe kita, cafe alam yang humble banget kemasannya, tanpa bangunan dan interior fancy cuman warung dari gedeg (dinding anyaman bambu), makanan ala kadarnya yang penting hangat, alunan musik yang bisa direquest, waktu itu aku ngerequest lagunya slank terlalu manis, kita duduk di tikar menghadap pemandangan kerlap kerlip lampu kota pada saat itu, dari kejauhan terlihat titik lampu yang bergerak dari jauh, pasti itu mobil yang berlalu-lalang di jalan. Pemandangan yang persis sama ketika aku wisuda dulu naik ke tower masjid agung, duuuuhhh baper lagi kaaan.

Bener aja kita bisa lihat bulan waktu itu tapi gak begitu jelas karena udara berkabut, cahayanya yang temaram tapi teduh, dan ada rasi bintang orion di langit, yang paling gaje kita sambil ngobrolin mantan. Hahaha dasar jomblo gagal move on. Kita sambil ngakak bilang biar kejungkal sekalian mereka mantan mantan, haha atau gak lidahnya habis kegigit gigi sendiri karena kita menggunjing mereka lol. Tapi entah, kita hanya mengungkit kenangan manis, bukan kesalahannya, hati terlalu sakit dengan rasa kecewa soalnya. Stop stop bisa gagal move on beneran nanti.

Kita di luar sampe tengah malem, jam 12 malem kita siap siap tidur di tenda, sebenarnya aku lagi ga bisa tidur waktu itu, dingin banget soalnya, lupa ngambil kaos kaki juga, mager bgt, terus nulis-nulis puisi deh di hape, bakalan aku post puisinya nanti hehe, di luar ada mas-mas tenda lain yang masih maen di spot foto yang notabene deket sama tenda kami, mereka lucu banget kek bikin vlog gaje teriak bareng-bareng “kami wali” macem iklan di radio lokal. Ribut banget sumfah, tambah bikin susah tidur karena ngakak dengerin obrolan mereka, hihi dasar tukang nguping. Malem itu berkat selimutnya fitri aku berhenti menggigil, tapi telapak kakiku sungguh sangat kedinginan, fitri tidur nyuenyak banget, bangunnya pas matahari udah terbit pulak (hahaha sowryyyy ini aib bukan wkwk), but she’s so cute.

Pagi-pagi aku liat sun rise yang sangaaatt indaah, subhanallah banget. Terus kita lanjut cari-cari spot foto yang bagus, di belakang ada hutan pinus gitu, aku sama fitri mulai beraksi foto-foto selfi, foto hutan, sok-sok ngambil angel yang bagus buat ngeliatin klo kita lagi di tengah hutan pinus, haha pake kamera depan yang over bright, terus akhirnya make kamera belakang dengan cara kamera ditaroh di permukaan tanah terus make timer, haha.

Terus waktu mau balik ke tenda di tengah jalan kita ketemu mbah thurkhamuun, tapi katanya beliau biasa dipanggil mbah jenggot, mbah thur sedikit ngalem (memuji) kami dengan parikan (pantun jawa) yang dituturkannya sambil ngeliat langit yang sebagian mendung dan sebagian terang,
“ ora udan tapi gerimis (tidak hujan tetapi gerimis)
Yen udan dadi lunyune (kalau hujan jadi licin)
Ora dandan nanging manis (gak dandan aja manis)
Yen dandan dadi ayune (kalau dandan bakalan jadi cantik)"
Mbah thur bikin pantun yang temanya pas banget yhaa tentang cuaca saat itu, dan menghibur hati dua orang jomblo yang menyepi ke gunung, so sweet sekaleeee... kita jadi ge.er

Mbah thur adalah salah satu petugas kebersihan di perkemahan yang membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan orang-orang saat selesai berkemah, mbah thur mengeluhkan tentang banyaknya orang-orang berpendidikan (karena kebanyakan yang kemah disana mengenyam bangku perkuliahan) tapi sering buang sampah tidak pada tempatnya sehingga mbah thur selalu mengumpulkannya dan membuang ke tempat yang seharusnya. Kita berbincang banyak banget sama mbah thur, pembicaraan yang santai tapi dalam sekali maknanya, mbah thur cerita kalau ada pasangan muda mudi yang kemah disini dan menginap di satu tenda beliau tidak berprasangka yang macam-macam, beliau bilang mungkin saja mreka berdua ingin membicarakan tentang masa depan mereka disana. Kata beliau kita harus selalu berprasangka baik dengan orang lain, jikalau orang itu berbuat tidak baik kita harus tetap baik karena kesalahan orang itu menjadi urusannya dengan Tuhan, sementara kita harus menjalankan perintahNya untuk selalu berbuat baik, “yang penting kita hidup tidak menyakiti orang lain nduk “ Ucap mbah thur sambil tersenyum

Kadang orang asing yang kita temui dalam perjalanan bisa jadi memberi kita pelajaran, di setiap perjalanan hidup kita juga semuanya adalah firman yang bisa kita ambil maknanya,  berbagi cerita dengan mbah thur membuat aku berpikir seperti itu.

Setelah berpamitan dengan mbah thur kita mengemasi tenda lalu pulang ke semarang dengan riang gembira tapi agak capek juga haha
Fitri salah satu temen yang ngebuat aku berani menjelajah tempat jauh yang ragu untuk aku datangi, merasa aku selalu lemah dalam mengingat arah jalan, sering tersesat dan kecapekan, tapi sama dia cuaca selalu cerah di tengah desember yang mendung, kita bisa tersesat sama-sama untuk nyari jalan pulang. Pernah baca kutipan seperti ini “kita bisa mengenal seseorang jauh lebih baik setelah melakukan perjalanan jauh bersamanya”. Dia bener-bener teman yang baik. setelah camping cantik kita, dia harus berangkat ke jakarta untuk berkerja, aku bersyukur dia udah diterima kerja jadi gak perlu galau lagi gara-gara nganggur dan suwung, semoga dia disana dapet pengalaman bekerja yang luar biasa, sama orang-orang baik dan kuliahnya tetep lancar. So sweetnya dia bilang ke aku setelah itu “beb jangan sedih lagi yaa”. Betapa punya temen baik itu rejeki yang tiada tara, dia bilang kayak gitu seolah khawatir aku kembali sendirian di semarang tapi gak ada dia, dan aku bakal suwung dan sedih lagi. Gak kok fit aku mau berjuang juga disini, cari kerja juga,  jangan khawatir. Aku bersyukur sangaat sangaat bersyukur karena dikelilingi oleh orang baik, selalu dalam timing yang pas, yang udah diatur sama Allah. Nikmat Allah mana lagi yang bakalan aku dustakan, terlalu haru kalau nemu alasan-alasan untuk bersyukur seperti ini.